Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sosialisasikan aplikasi SIM online

Suasana Sosialisasi Aplikasi Online Korlantas Polri di Margocity
Margocity (depoKini) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan sejumlah inovasi dalam membepelayanan masyarakat. Terobosan digitalisasi dan modernisasi pelayanan tersebut, dipamerkan di sejumlah mal di Jakarta dan sekitarnya.

Pameran modernisasi pelayanan seperti SIM Online, e-Tilang, dan e-Samsat ini digelar selama 11 hari, yakni sejak 30 November hingga 10 Desember 2017. Pada pameran ini, pengunjung bisa langsung menguji pelayanan tersebut.

Beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi lokasi pameran, antara lain Cilandak Town Square, Atrium Senen, Mall Taman Anggrek, Mall Cijantung, Pluit Village, Mall Alam Sutera, Margo City, dan Metropolitan Mall.

"Pameran ini bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat inovasi terbaru dari Polisi Lalu Lintas dalam bidang pelayanan, untuk mempermudah masyarakat dengan menggunakan teknologi digital," ujar Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/12/2017).

Melalui layanan SIM Online, masyarakat kini bisa memperpanjang surat izin mengemudinya secara online tanpa harus pulang ke daerah asalnya.

Sementara layanan e-Tilang dibuat untuk memudahkan pembayaran denda pelanggaran lalu lintas. Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi android dan jaringan host to host real time online.

"Pelanggar bisa langsung membayar denda melalui transfer bank to bank," kata Kakorlantas Polri.

Sedangkan layanan e-Samsat dibuat untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kendaraan bermotor. Mereka bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan cepat dan praktis melalui mesin ATM. (GDP)