TMMD adalah bentuk operasi bhakti TNI Manunggal Rakyat

Purwakarta (depoKini) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama-sama masyarakat, dengan tujuan meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980, yang dulu dikenal dengan sebutan AMD (Abri Masuk Desa) dan laksanakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam rangka menunjang  pembangunan nasional.

Dan saat ini TMMD Ke 100 yang akan dilaksanakan Kodim 0619/Purwakarta dengan membangun infra struktur berupa  pembuatan jalan sepanjang 7200 meter dan lebar 5 meter yang akan menghubungkan 2 kecamatan kiarapedes dan kecamatan cibatu.
Kodim 0619/Purwakarta sebagai satuan komando teritorial yang bertanggung jawab atas rencana pelaksanaan TMMD ke 100 tersebut sudah merencanakan secara matang tekhnis pengerjaan pembuatan jalan baru tersebut dengan dibantu satuan satuan yang berada di wilayah kodam III/Siliwangi antara lain Yonarmed 4,Yonkav 4,Yonzipur 3 juga Masyarakat sekitar yang menjadi tempat TMMD Ke 100.
Dengan Motto Kodam III siliwangi 
"Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Kodim 0619 bersama Masyarakat siap melaksanakan dan mensukseskan Program TMMD Ke 100 di wilayah Kabupaten Purwakarta.